Rabu, 12 Desember 2018

[IT'S MY LIFE] KANGEN GURU



           Guru.

          Salah satu hal yang membuat masa sekolah jadi sesuatu yang dikangeni.


          Berikut ini adalah guru-guru di SMA Negeri 1 Malang yang bikin aku susah lupa.


FIRST STOP: BU TJITJIH

          Ibu guru Bahasa Jerman ini menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah waktu aku masuk SMA Negeri 1 Malang.

          Aku supersegan pada beliau karena:
1. Beliau dan suami sudah kenal lama dengan orang tuaku. Bahkan mereka yang merayu Papa supaya mau mendaftarkan aku ke SMA Negeri 1. Kalau Papa yang seperti itu saja bisa mereka rayu, berarti mereka sakti.
2. Walaupun kesibukan beliau membuat beliau jarang bisa dekat dengan murid-murid, beliau selalu tahu gossip terakhir. Termasuk siapa pacarku waktu itu. Bikin aku jadi salting ngeri-ngeri sedap.
3. Tetap penuh perhatian setelah aku lulus SMA, kuliah, menikah, dan punya anak. Sampai wafatnya, beliau selalu memanggil putraku dengan panggilan “Herr Juno”. Ah, jadi terharu…


SECOND STOP: MR. B ALIAS PAK BAMBANG

          Bapak guru Bahasa Inggris ini berasa nano-nano banget.

          Kadang berasa sebel kalau beliau mulai ngomong, “Saya ini sudah ditawari jadi dosen di mana-mana, tapi saya nggak mau karena ingin ngajar di SMAN 1.” Dan semakin bikin gemes karena ternyata orangnya memang PINTER BANGET Bahasa Inggrisnya dan memang harusnya jadi dosen saja, jangan jadi guru SMA.

          Kadang berasa deg-degan kalau beliau bertanya tentang Structure, atau bila disuruh membaca dan pronounciation-ku belepotan.

          Kadang berasa takjub dengar suara beliau yang mantap walaupun tanpa mic. Belakangan baru tahu bahwa beliau sering diminta jadi MC, makanya suaranya ngebas-ngebas gimanaaa… gitu.

          Kadang berasa meleleh kalau sifat kebapakan beliau muncul. Yang kebetulan sangat jarang munculnya.


THIRD STOP: MR. OJIT ALIAS PAK HARDJITO

          Bapak guru yang satu ini penolongku waktu aku terancam tidak naik kelas waktu kelas 1 karena nilai Biologiku kocar-kacir gara-gara sakit. Beliau mau meluangkan waktu sepulang sekolah untuk membantuku mengejar pelajaran yang tertinggal.

          Alhamdulillah aku naik kelas. Walaupun uban Mr. Ojit jadi bertambah.

          Beliau juga unik karena ketiga putra-putrinya bernama Nuning, Nunung, dan Nining. Tapi putra keempat beliau dikasih nama Ardi.


FOURTH STOP: PAK EKO

          Aku ingat bapak guru Biologi ini karena… METAL, MEN!!!

          Asli.

          Gahol sekali. Tidak berasa seperti guru-murid, tapi seperti teman saja.

          Paling hobi bercerita tentang pengalaman beliau mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera, bersama teman bertualang… sampai lupa waktu. Eh, tau-tau jamnya dah abis…

          Mungkin beliau temenan sama Ninja Hattori.

          Pak Eko + MBC = cocog iwak endog.
         

          So… ini guru-guruku. Mana guru-gurumu?









Tidak ada komentar:

Posting Komentar